Thursday, July 3, 2008

FEEL THE REAL MANADO

my holiday in manado has just ended T.T gua bener2 dapet pengalaman baru disana, wisata alamnya banyak dan bagus2. makanannya juga enak banget men. disini gua menyimpulkan bahwa liburan di indonesia ternyata menyenangkan.
the most impressive from my visit are TAMAN LAUT BUNAKEN dan PULAU SILADEN. disini kita bisa diving / snorkling tapi berhubung gua masi belom pengalaman di laut2 gitu, gua snorkling doang ehehe :) both of it are really amazing. di bunaken gua naik perahu kaca, dimana gua bisa liat terumbu karang & ikan2 dari atas kapal. it was really awesome. banyak banget terumbu karangnya warna-warni pula. ada yang bentuknya kayak meja, ubur2, otak manusia, usus, macem2 deh. ikan2nya juga banyak dan lucu2, kata tourguide gua ada 2500 jenis. and fyi, semua isi dari taman laut ini udah ada sertifikat resmi dari negara, jadi ga boleh asal diambil. trus gua ke pulau siladen. pulaunya indah banget. dan disini untuk pertamakalinya gua snorkling. gua merinding pas masuk kedalem air. gua ngeliat karang2 yang bener2 bagus, ikan2 yang banyak banget. yang paling gua suka adalah ikan nemo ahahahha... tapi ikan2 laen masih banyak, ada yang warna merah, item kuning, biru, etc. oya, ada bintang laut juga! haahhaa lucu banget mereka nempel gitu di karang. trus gua diambilin tourguide gua dan gua pandangin karna bener2 lucu banget. sayangnya gabisa dibawa pulang, soalnya udah milik tl bunaken -.-
yea selain bunaken banyak juga wisata alam di manado, such as penangkaran hewan (semacem zoo kecil gitu) disini gua liat babirusa, anoa, dan yang paling lucu adalah tarsius monyet terkecil di dunia. and then tomohon, bukit kasih -disini ada monumen perdamaian dimana ada kutipan ayat dari kitab2 dari 5 agama-, danau tondano, trekking di gunung mahawu, patung Yesus, pasar tradisional dan kebetulan gua dateng pas lagi ada tomohon flower festival, jadi ada dijual bunga2 yang bagus dan bermacem2.
and here's the picts :

1. siladen island, located near bunaken island




















2. tarsius, the smallest monkey in the world
(fyi : its body length 10 cm only)




















3. bat, to make paniki (the special food from manado)





















4. trekking at mahawu mountain


























5. the statue of Jesus, the second tallest Jesus statue in the world


























6. lake tondano, the biggest in sulawesi


























7. cute starfish :)




















No comments: